Obat Tradisional Daun Pane Gowang | Kumpulan Kabar Bagus

Manfaat Daun Pane Gowang

     Kumpulan Kabar Bagus | Tahukah anda tentang daun pane goang? Ternyata daun pane gowang (Jawa) atau antanan (Sunda) memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh kita. Tanaman ini berasal dari Asia tropik, Indonesia salah satunya. Pane gowang sejak dulu telah dikenal sebagai tumbuhan yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti melancarkan peredaran darah, untuk obat kulit bahkan ada yang menggunakannya untuk makanan seperti masyarakat sunda yang mengkonsumsinya untuk lalapan.
Kandungan
     Kandungan yang terdapat didalam tumbuhan ini ternyata sangat banyak. Berbagai zat yang terkandung tersebut meliputi asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmic acid,brahminoside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, tanin serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium. Salah satu dari zat-zat tersebut diduga sebagai anti lepra dan penyembuh yang sangat manjur yaitu zat asiaticoside.

Manfaat
     Tumbuhan ini bersifat mendinginkan dan berfungsi untuk membersihkan darah, peluruh kencing, penurun panas, menghentikan pendarahan, meningkatkan daya ingat, anti bakteri, tonik, anti pasma, anti inflamasi, insektisida, hipotensif, anti alergi dan stimulan. Manfaat lain dari pane gowang adalah meningkatkan sirkulasi darah pada lengan dan kaki, mencegah varises, salah urat, stamina tubuh, menurunkan strees, depresi.

Pengolahan
     Cara pengolahan dari tumbuhan ini sangat beragam. Masyarakat sunda memakan mentah sebagai lalapan namun tidak hanya itu banyak olahan dari anatan yang di buat menjadi teh. Disamping olahan tersebut ada juga yang dikeringkan kemudian dihaluskan menjadi kapsul. 

Bagaimana? banyak sekali bukan manfaat dari tumbuhan ini, semoga anda tertarik untuk mencobanya...



Komentar

Posting Komentar