Vihara Buddha Guna Nusa Dua Bali | Kumpulan Kabar Bagus



Kumpulan Kabar Bagus | Vihara Buddha Guna, Jl. Kuruksetra Komplek Puja Mandala,
Nusa Dua - Bali.

Merupakan suatu Vihara atau tempat ibadah umat Buddha di pulau Bali. Berbeda dari  vihara yang lain, vihara Buddha Guna ini terletak berdapingan dengan empat tempat ibadah agama lain. Keunikan ini merupakan simbol keharmonisan hubungan umat antar agama di pulau Bali. Semoga keunikan ini tidak hanya menjadi simbol semata bagi keharmonisan hubungan antar umat beragama di pulau Bali.





Vihara Buddha Guna - Nusa Dua - Bali yang terletak di Komplek Puja Mandala dapat ditempuh selama kurang lebih 15 menit dari Bandara Ngurah Rai dengan menggunakan sepeda motor, mobil atau bis. Jika anda datang dari Kota Denpasar, maka untuk menempuh perjalanan ke Vihara Buddha Guna Nusa Dua ini juga tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 50 menit dengan menggunakan sepeda motor.  


Pada saat tiba di Kawasan Puja Mendala anda akan disambut dengan pemandangan 5 tempat ibadah yang berdampingan. Kawasan Puja Mandala ini berada diperbukitan dan dari sini pula kita juga dapat melihat laut.  Letaknya yang berada diperbukitan menjadikan Vihara Buddha Guna memiliki hawa yang sejuk.

Vihara Buddha Guna terletak ditengah tengah rumah ibadah yang lain. Dua Patung Gajah Putih dengan memegang bunga teratai, berdiri kokoh di samping kanan dan kiri pagar, menyambut para pengunjung Vihara Buddha Guna. Masuk keteras Vihara maka akan terlihat patung Kinara Kinari.


Kinara dan Kinari merupakan manusia berkaki burung dan merupakan simbol dari kesetian pasangan hidup. Menjauhkan pandangan kebelakang lagi maka terlihatlah ukiran patung di dinding yang terpahat dengan begitu indahnya. Ukiran tersebut menggambarkan kehidupan pada zaman Kehidupan Buddha. Selain keindahan patung Kinara Kinari dan relief kehidupan zaman Buddha, tepat disamping kanan dan kiri bangunan Buddha Guna terdapat patung Naga yang menjulang sampai lantai 3 sekaligus menjadi pilar kuat dari vihara ini.

Keindahan bangunan ini tentu saja sangat memikat para pengunjung,  baik dari warga lokal maupun warga asing untuk masuk.  Tidak semua orang dapat masuk Vihara ini karena Vihara Buddha Guna dikhususkan sebagai tempat beribadah. Walaupun anda mungkin tidak dapat memasuki, tetapi tenang saja kita masih bisa menikmati keindahanya dari luar pagar.

Semoga ini dapat menjadi referensi kunjungan anda di Pulau Dewata...



Komentar