APA ITU "NATO" ? | Kumpulan Kabar Bagus


Kumpulan Kabar Bagus NATO” kata ini memang sudah tidak asing lagi ditelinga umat manusia, termasuk kita. Walaupun sudah tidak asing lagi, tetapi masih banyak yang belum mengerti apa itu NATO. NATO merupakan suatu organisasi Pakta Pertahanan.

Adapun kepanjangan dari NATO adalah North Atlantic Treaty Organization atau Pakta Pertahanan Atlantik Utara dibentuk di Washington, AS, pada tanggal 4 April 1949. Pada awalnya organisasi ini dibentuk dan ditandatangani oleh dua belas negara Amerika Utara dan Eropa namun kini anggotanya sudah mencapai duapuluh delapan negara.

Tujuan NATO adalah sebagai wadah implementasi komitmen masing-masing negara anggota terhadap perdamaian dan keamanan anggota lainnya. Sejak Perang Dingin berakhir, NATO mengalami reorganisasi dengan penekanan pada upaya menjaga perdamaian melalui cara politik dan militer. Selain berusaha menjaga perdamaian antar negara dan mencegah perang, NATO juga terlibat dalam bidang manajemen krisis.

NATO memiliki pedoman baku untuk mencegah konflik antar negara dan membantu menyelesaikan berbagai krisis.Contoh keterlibatan NATO bisa dilihat dari konflik yang berujung pada pembersihan etnis di Kosovo. Ratusan ribu orang Kosovo tercatat meninggalkan negara mereka pada tahun 1999 karena represi oleh pemerintah sehingga kehilangan tempat tinggal. NATO berusaha membantu para pengungsi kembali dengan selamat ke tanah air mereka sekaligus membantu membangun kembali rumah dan kehidupan baru di Kosovo.

Organisasi ini juga berperan mengembangkan masyarakat yang demokratis untuk menjamin para pengungsi hidup bebas dan damai. Hubungan dengan Rusia juga merupakan isu utama bagi NATO. Pembentukan dan pemeliharaan hubungan damai dengan Ukraina dan seluruh Eropa Tengah dan Timur merupakan prioritas utama.

Sejak Perang Dunia II, NATOmerupakan satu-satunya organisasi keamanan yang menggabungkan negara-negara di Amerika Utara dan Eropa. Setelah PD II berakhir, pembangunan kembali Eropa antara lain didukung oleh perjanjian tertulis NATO. Perjanjian tersebut memastikan bahwa setiap ancaman perang ke Eropa juga dianggap sebagai ancaman bagi Amerika Serikat.

Solidaritas politik dengan demikian dicapai oleh semua anggota NATO. Setiap negara berjanji untuk mengambil bagian dalam urusan keamanan anggota lain. Setelah NATO, berbagai inisiatif lain juga bermunculan. Misalnya, pada tahun 1991, North Atlantic Cooperation Council (NACC) dibentuk. Pada tahun 1994, Partnership for Peace (PFP) juga diinisiasi yang dilanjutkan dengan pembentukan Euro-Atlantic Partnership Council (EAPC) pada tahun 1997.

Sumber: http://www.amazine.co/25063/apa-itu-nato-fakta-sejarah-informasi-lainnya/


Komentar